10 Tip Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses

Jika Anda memperhatikan Bill Gates atau Mark Zuckenberg, tentunya Anda terpikat oleh kekayaan luar biasa mereka. Tetapi apakah Anda sadar, bahwa mereka juga memulai membangun perusahaan dari kecil. Dan tidak satu pun dari mereka menduga akan berhasil seperti sekarang ini.

Memulai perusahaan yang menjadi perusahaan yang efektif bernilai miliaran begitu juga triliunan, di dunia industri sama seperti pemenang lotere. Meletakkan semua uang Anda dan berharap untuk mendapatkan jackpot, Anda cenderung mengalami keterpurukan.

Berikut ini 10 tips untuk memulai sebuah perusahaan kecil. Daftar ini dibuat agar membantu Anda menyadari masalah yang ada, supaya tidak tergila-gila mengejar impian Anda dalam menekuni dunia bisnis.

Lebih realistis. Saat membuat model perusahaan, telusuri untuk melihat ilustrasi yang efektif dari rencana perusahaan yang Anda inginkan, kemudian pelajari. Jika Anda tidak dapat menemukan, tidak peduli apakah Anda seorang jenius yang luar biasa, atau mungkin desain bisnis Anda tidak akan beroperasi dalam kehidupan nyata.

Jangan menginvestasikan uang pribadi Anda. Karena sebagian besar bisnis memiliki resiko yang besar, carilah mitra. Jadi, jika semuanya tidak berjalan sepenuhnya, Anda tidak akan jatuh karena dana awal, dan tidak pernah pergi setelah berhutang.

Perbudak diri sendiri. Jika Anda tidak siap untuk bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka kewirausahaan tidak cocok untuk anda. Awalnya, mungkin anda tidak mampu membayar karyawan, meskipun karyawan bergaji rendah. Jadi, karyawan anda adalah anda sendiri..

Hargai waktu. Beri nilai uang tunai di dalam waktu Anda, misalnya Rp. 20.000 setiap jam. Ini membantu jika Anda perlu mengambil keputusan: Jika toko Anda mengenakan biaya Rp.10.000 untuk pengiriman setiap minggunya, Anda juga perlu 2 jam untuk mengunjungi toko itu sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena harganya lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke-3, tetapi budak juga bernilai ekonomi.

Rekrut karyawan dengan baik. Berapa pun ukuran perusahaan Anda, Anda akhirnya akan mempekerjakan karyawan dari luar. Untuk Anda, lakukan proses rekrutmen secara hati-hati, tanpa tergesa-gesa. Sungguh disayangkan sikap pemilik usaha yang memiliki visi untuk usahanya, tetapi merekrut karyawan yang benar-benar mencegahnya mencapai visi.

Jual kelebihan, bukan harganya. Ketika Anda memulai sebuah perusahaan, Anda bisa saja frustrasi dalam memasarkannya. Tetapi, jika Anda bersaing dalam hal biaya, Anda menyelesaikan penjualan dengan biaya biasa-biasa saja atau mungkin di bawah modal. Kuasai kemampuan menghubungi pelanggan, untuk menggambarkan bahwa nilai produk anda lebih tinggi karena fitur yang lebih baik.

Ketahui angka dasar. Ketahui berapa banyak uang yang Anda miliki untuk memulai bisnis, mulai dari sewa toko, listrik, asuransi pekerja, hingga printer, kertas, dan pajak. Kemudian bagi dengan jumlah hari di musim yang akan Anda buka, dan … ini adalah angka fundamental – jumlah minimum penghasilan yang Anda butuhkan setiap hari.

Memanfaatkan teknologi paling canggih. Teknologi baru seperti penyebaran data dan aplikasi dengan teknologi cloud sangat murah membuat bisnis dalam posisi untuk bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi yang tersedia di pasar.

Perlakukan vendor dengan baik. Perlakukan vendor dan pemasok Anda sebaik yang Anda bisa, sama seperti Anda memperlakukan pelanggan. Mereka mungkin menawarkan diskon sesuai dengan jumlah transaksi, atau mungkin untuk menjaga hubungan baik, dan berharap peningkatan volume berikutnya. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Jadilah yang terhebat. Anda tidak boleh setengah hati. Setiap faktor yang perlu Anda lakukan untuk klien itu haruslah yang terbesar. Apa pun yang Anda buat kemudian dijual, itu harus menjadi yang terbaik. Lakukan secara kontinu, dan kekuatan word of mouth akan menyebar. (Sumber: The Washington Publish / Slate Magazine)

Related Post to 10 Tip Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *